12 December 2014

Alhamdulillah, Kondisi KH Sanusi Baco Kian Membaik


Edisi Cetak Harian Tribun Timur Makassar, Jumat (12/12/2014)

Makassar, Tribun - Kondisi kesehatan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Anre Gurutta Haji (AGH) Sanusi Baco dilaporkan semakin membaik. 

Meski demikian, keluarga akan membawa Ketua Majelis Syuysukh (Sesepuh) Darud Dakwah Wal Irsyad Ambo Dalle (DDI-AD) ini ke Jakarta untuk cek kesehatan di Rumah Sakit (RS) Jantung Harapan Kita.

Ketua Dewan Syuro Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel itu dirawat di RS Awal Bros, Jl Urip Sumoharjo, sejak Kamis (4/12) tengah malam.

Kemarin, AGH Sanusi tak diinpus lagi. Alumnus Pondok Pesantren DDI-AD Mangkoso, Barru, itu juga semakin lancar berbicara dan bercanda dengan pembesuknya.

“Kesehatan itu seperti mahkota hidup yang disimpan di kepala. Hanya orang sakit yang bisa melihat mahkota hidup ini. Orang sehat tidak bisa melihatnya,” kata AGH Sanusi kepada Tribun, Kamis (11/12) sore.

"Kita diberi sakit supaya bisa sadar betapa pentingnya menjaga mahkota hidup itu," ujar Gurutta Sanusi menambahkan. 
Menurut Sang Kiai, orang semakin berusaha menikmati hidup ketika fungsi anggota badan sudah mulai berkurang. 
"Orang 'cammoh' (ompong} itu sangat menikmati ketika dia makan. Orang yang sakit gigi akan semakin merasakan betapa nikmatnya hidup ini ketika dia makan," kata Gurutta Sanusi sambil tersenyum.
Putra AGH Sanusi, Tasrif Sanusi, mengatakan, kondisi Deklarator Komite Perjuangan Penegakan Syariat Islam (KPPSI) itu semakin membaik. 

"Sudah bisa bangun sendiri dan berjalan sendiri untuk berwudhu dan salat," kata Tasrif.
Diperiksa Intensif
Putra bungsu AGH Sanusi  Dr Nur Taufik Sanusi mengonfirmasikan, alumnus Universitas Al Azhar Cairo, Mesir, itu akan diperiksa intensif di RS Jantung Harapan Kita.
"Dalam waktu dekat ini, bapak akan dibawa ke Jakarta, di Rumah Sakit Harapan Kita. Bapak akan diperiksa intensif terkait penyakitnya," kata Taufik yang juga Pembantu Rektor III Universitas Islam Makassar (UIM).
Anak kandung Ketua MUI Sulsel itu, Nur Taufik Sanusi membenarkan hal tesebut. Ia mengatakan bahwa  AGH Sanusi Baco bakal dirawat di rumah sakit Harapan Kita Jakarta dalam waktu dekat ini.
AGH Sanusi dilarikan ke Awa Bros, Kamis tengah malam, pekan lalu. "Saya baru pulang dakwah dan tiba di rumah pukul 11 malam (23.00). Tiba-tiba saya sesat napas," ujar AGH Sanusi Baco kepada anggota DPRD Sulsel Muslim Salam di RS Awal Bros, Jumat (5/12) sore.
Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla secara khusus meminta pendiri Bosowa Corporation Aksa Mahmud untuk terus memantau perkembangan kesehatan AGH Sanusi.(lis/oca/bie)

No comments: